Keunikan T-Shirt Printing dengan Bahan Cat Solvenbase


T-Shirt Printing dengan menggunakan bahan cat yang berbasis minyak atau solvenbase memang memiliki banyak keunikan, salah satunya yaitu daya rekatnya yang cukup bagus. Namun pepatah mengatakan “ dibalik kelebihan pasti ada pula kekurangan”. hehe

Begitu pula dengan T-Shirt Printing dengan bahan solvenbase ini yang juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu jenis dari slovenbase ini yaitu plastisol yang merupakan jenis tinta sablon basis minyak yang  tidak larut dalam air, untuk mengencerkannya bisa dengan cara menambahkan cairan jenis minyak yang sering disebut M3 atau M4. Bahan dasar dari tinta ini yaitu PVC yang harganya cukup mahal, dan untuk mengeringkannya pun membutuhkan peralatan khusus.
Keunikan T-Shirt Printing dengan Bahan Cat Solvenbase
Pembuatan T-Shirt Printing
Tinta ini tidak mampu mengering dengan sendirinya seperti tinta waterbase. Untuk itu perlu proses pemanasan sampai dengan dengan suhu 150 derajat celcius untuk mengeringkannya, yaitu dengan menggunakan alat conveyor curing dan flash curing. Tinta jenis ini biasa di gunakan untuk menciptakan efek-efek  yang menakjubkan seperti high density. 

T-Shirt Printing dengan tinta jenis ini biasanya diberi peringatan “Do not iron on design”, karena tinta ini dapat melelah apabila terkena panas seterika secara langsung. Adapun cat plastisol ini terbagi beberapa jenis yaitu: all purpose, High Density, High Opacity, Athletic plastisol, Cork Base, Shimmer Gold & Base, Wilflex Luna Clear, dan Natural Suade. 

Post a Comment

Previous Post Next Post