Cara Kerja Efek Photovoltaic Pada Panel Surya


Anda tahu bukan bahwa panel surya berkualitas memiliki prinsip yang menghasilkan efek photovoltaic. Efek photovoltaic yang mana ada kaitannya dengan pengubahan sinar matahari menjadi energi listrik. Energi listrik yang merupakan kebutuhan utama dalam industri untuk dapat melakukan kegiatan produktivitas di dalamnya. 

Apakah Anda tahu mengenai cara kerja yang ada di dalam photovoltaic pada panel surya? Setidaknya, Anda harus tahu sedikit setelah menggunakan panel surya pada tempat industri. Bagi Anda yang belum melakukan pemasangan panel surya, bisa langsung hubungi CS dari perusahaan Sewatama. Masalah kelistrikan akan tuntas ditangani oleh PT Sewatama. 

Mengetahui Cara Kerja Dari Photovoltaic Panel Surya 
Cara kerja dari photovoltaic yang ada pada panel surya yaitu mengkonversi langsung cahaya matahari menjadi listrik pada tingkatan atom-atom. Jadi, panel surya yang memiliki photovoltaic  ini melepas elektron dan melakukan penyerapan pada foton cahaya. Pada saat elektron dengan mudah ditangkap, hasil listrik yang dihasilkan ini bisa menjadi listrik. 

Sedikit hal yang perlu untuk Anda ketahui bahwa photovoltaic ini dicatat pertama kali oleh fisikawan Edmund Becquerel, Perancis, 1839. Edmund menemukan benda kecil yang mampu menghasilkan listrik hanya dengan menangkap cahaya. 

Tidak hanya itu, di tahun 1905 Albert Einstein bahkan memberikan gambaran mengenai sifat cahaya dan fotolistrik berbasis teknologi photovoltaic. 

Karena, sudah mengetahui tentang cara kerja dan sedikit gambaran sejarah adanya efek photovoltaic ini. Kali ini, perlu untuk Anda ketahui bahwa semikonduktor tipis yang ada pada panel surya ini secara khusus diberlakukan untuk melakukan pembentukan medan listrik. Pada satu sisi yaitu positif dan lainnya adalah negatif. 

Mungkin hal ini akan sangat sulit dipahami oleh orang awam. Tetapi, setidaknya Anda mengetahui salah satu seluk beluk yang ada pada panel surya termasuk efek photovoltaic. Disaat energi dari sinar matahari menyerang panel surya, maka elektron lepas dari atom di dalam material semikonduktor. 

Maka dari itu, sedikit informasi mengenai cara kerja dari efek photovoltaic pada panel surya. Sedikit informasi ini bisa berguna untuk Anda yang ingin melakukan pemasangan panel surya secepatnya. 

Post a Comment

Previous Post Next Post