Bahayanya Tanah Longsor

Dalam ilmu geologi, tanah longsor disebut sebagai gerakan tanah yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis. Umumnya tanah longsor itu disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor pemicu dan faktor pendorong. Faktor pemicunya adalah yang menyebabkan bergeraknya suatu material tanah. Sedangkan faktor pendorongnya adalah faktor yang mempengaruhi kondisi material tersebut. 
Tanah Longsor. (foto: liputan6.com)
Selain 2 faktor penyebab tersebut, umumnya tanah longsor terjadi karena erosi yang disebabkan aliran air permukaan (air hujan) dan sungai yang menggerus lereng sehingga bertambah curam. Longsoran lereng juga bisa disebabkan gempa bumi. Timbulnya getaran dan tekanan pada partikel mineral juga bidang lemah pada massa batuan dan tanah. 

Ancaman bencana longsor terjadi di daerah dataran tinggi dengan kontur perbukitan. Seperti yang terjadi di Pengalengan, Bandung dan Banjarnegara, ratusan rumah warga tertimbun longsoran karena warganya berada tepat di atas atau dibawah perbukitan yang memiliki tanah labil. Hujan deras tanpa henti mempengaruhi pergerakan tanah.

Post a Comment

Previous Post Next Post