Serangan Jantung Merupakan Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Serangan jantung terjadi ketika terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat yang menuju ke jantung. Kondisi darurat ini biasanya disebabkan karena penyumbatan pembuluh daah, penumpukan lemak dan kolesterol. Gangguan aliran darah ke jantung bisa merusak dan menghancurkan otot jantung sehingga tidak berfungsi dengan baik. 

Serangan jantung disebabkan oleh penyakit jantung koroner, sejenis plak yang terbentuk di bagian dalam arteri jantung. Plak terbentuk dari kolesterol dan sel lainnya. Jumlahnya kemudian meningkat perlahan hingga bagian dalam pembuluh darah menyempit. Hanya sedikit darah yang dapat mengalir dan keping darah menumpuk depan plak sehingga terjadi gumpalan. 

Penyebab utamanya adalah karena tersumbatnya pembuluh darah utama yang memasok darah ke jantung (pembuluh koroner). Jika gumpalan yang menyumbat itu pecah dan tersendat di bagian pembuluh darah yang menyempit, maka terjadilah serangan jantung. Hal ini sangat dipengaruhi oleh perilaku dan gaya hidup penderita. Termasuk makan makanan tak sehat (junk food), tidak banyak bergerak (kurang olahraga), merokok dan seringnya meminum alkohol.
Ilustrasi. foto: hermoniherbal.com
Penanganan pertama yang bisa diberikan yaitu dengan cara mengkonsumsi aspirin dengan dosis normal 300 mg. Pastikan bahwa penderita tidak alergi terhadap aspirin. Obat ini membantu anda mengencerkan darah sehingga bisa mengurangi resiko serangan jantung lebih lanjut.

Post a Comment

Previous Post Next Post