Mandi Air Hangat atau Air Dingin Sehat yang Mana?


Tentu anda tidak akan pernah meninggalkan aktivitas wajib yang satu ini bukan? Mandi merupakan aktivitas yang harus dilakukan minimal dua kali sehari. Karena dengan mandi, tubuh anda menjadi bersih dari berbagai kotoran baik itu debu, kuman, maupun bakteri. Mandi tentunya sudah menjadi kebutuhan umum bagi manusia. Hal itu dilakukan demi kebersihan anda sekaligus menjaga kesehatan.

Namun, apakah anda tahu bahwa mandi dengan suhu yang beda memberi dampak yang beda pada tubuh? Ini yang sekarang menjadi perdebatan cukup serius. Apakah yang lebih baik bagi anda? Mandi dengan air hangat atau dengan air dingin? Agar anda tidak bingung, maka anda bisa menyimak berbagai manfaat serta kekurangan dari mandi air hangat dengan pemanas air dan juga mandi air dingin.

Kelebihan dan Kelemahan Mandi Air Hangat
Jika anda lebih menyukai untuk mandi dengan air hangat. Maka anda harus memperhatikan beberapa hal. Seperti suhu air yang anda gunakan tidak boleh lebih tinggi dari 44 derajad celcius. Bukan hanya itu saja, anda juga harus menghindari waktu mandi yang lebih lama. Setidaknya cukup 5 hingga 10 menit saja mandi dengan air hangat sangat efektif untuk memberikan manfaat pada tubuh anda. Tubuh anda pun akan terasa lebih segar dan rileks. 

Meski memiliki manfaat, bukan berarti mandi dengan air hangat ini tanpa resiko. Ada beberapa resiko yang memang harus dihindari ketika mandi air hangat. Hal itu tentu akan menimbulkan bahaya yang serius bagi kesehatan. Resiko-resiko yang bisa anda temui ketika mandi air hangat seperti misalnya, kulit menjadi kering dan pecah-pecah, rambut bercabang, tekanan darah secara tiba-tiba aka menurun.

Keunggulan dan Kelemahan Mandi Air Dingin
Bila anda telah terbiasa mandi dengan air dingin sangat bermanfaat bagi tubuh anda. Manfaat-manfaat itu di antaranya, pikiran menjadi segar, rambut dan kulit menjadi terjaga kesehatannya. daya tahan tubuh kian meningkat, menghindari dari depresi.

Selanjutnya, untuk resiko yang bisa anda temui ketika mandi dengan air dingin yaitu,

Pembuluh darah akan menyempit
Telah disebutkan dalam suatu penelitian, bahwa mandi dengan air dingin ternyata bisa membuat pembuluh darah menjadi sempit. Bila tidak anda tangani, maka aliran darah yang akan menuju organ vital seperti jantung dan otak menjadi tersumbat. Organ-organ vital yang tidak mendapatkan asupan darah yang banyak mengandung oksigen ini tentu akan berakibat fatal bagi diri anda.

Temukan produk dari Pemanas Air Indonesia di https://pemanasairindonesia.com

Post a Comment

Previous Post Next Post