7 Tips Membeli Laptop Bekas Yang Berkualitas


Laptop telah jadi barang yang banyak dicari sejumlah besar, terutamanya buat mereka yang membutuhkan laptop untuk kerjaannya, contohnya seseorang mahasiswa umumnya memerlukan laptop untuk mendukung pekerjaan belajarnya, untuk bikin skrisi atau untuk kerjakan tugas-tugas kuliah yang diberi beberapa dosen, tidak hanya mahasiswa, beberapa pekerja kantoran umumnya disiapkan laptop untuk kerjakan kerjaannya, lalu beberapa orang yang buka usaha online yang tentu memerlukan laptop jadi fasilitas untuk kerjakan kerjaannya. Tidak disangkal jika harga laptop telah beragam dari mulai harga mahal sampai harga terjangkau dapat Anda mencari di banyak toko elektronik atau toko computer baik toko online atau toko off line. Tetapi bila Anda inginkan laptop pada harga rendah dengan detail tinggi, Anda dapat pikirkan untuk beli laptop bekas atau second yang seringkali ditawarkan pada situs jual beli online atau di toko computer paling dekat. Untuk beli laptop second Anda harus lebih waspada dibanding beli laptop baru yang masih tersegel rapi dari vendor sah nya.

Beli laptop memang tidak dapat diremehkan, Anda harus tahu paling tidak kemauan serta keperluan yang Anda butuhkan saat pilih laptop, lebih laptop bekas. Banyak laptop bekas yang diubah terlihat seperti laptop yang masih baru tetapi Anda janganlah tergesa-gesa dalam memutuskan untuk beli serta pada akhirnya tertipu dengan rayuan penjual, karenanya di bawah ini kami bagi beberapa tips beli laptop bekas yang berkualitas baik : 

1. cek keadaan fisiknya, yakinkan semua body laptop masih mulus serta tidak tergesek. Seperti monitor, keyboard, touchpad serta casing nya masih bagus serta tidak ada cacat. Keadaan fisik adalah hal pertama yang dapat kita lihat saat Anda akan beli laptop bekas, bila keadaan fisik laptop tidak bagus, apa Anda masih beminat memandangnya? Misalnya casing banyak guratan, sisi monitor juga tergesek dari sana sini, serta mungkin keyboard tidak komplet, tentu saja Anda tidak lihat lebih membelinya kan? Oleh karena itu yakinkan keadaan fisik yang masih bagus baru Anda cek keadaan dalam serta mesin nya apa masih bagus seperti penampilannya ataukah tidak. 

2. Sesudah lihat keadaan fisik yang masih bagus Anda pun harus lihat keadaan mesin serta perform mesin, apa masih sesuai keinginan Anda atau telah memberikan perform yang tidak bagus. Cek mesin serta perform dapat Anda lihat dari bagian-bagian dalam laptop seperti port usb yang masih komplet serta masih berperan, cek DVD room nya, lalu webcam serta speaker sebaiknya masih berperan secara baik. Diluar itu Anda pun harus cek di bagian processor, hardisk, memory RAM, baterei. Sebatas pendapat, Anda bisa pilih processor di atas pentium empat minimum core 2 ganda sebab sekarang ini semua skema dapat digerakkan dengan processor di atas pentium empat. Saat pilih ingatan harus juga Anda yakinkan RAM yang tersedian harus lumayan besar agar bisa jalankan pengoperasian dengan lancar. Umumnya laptop yang telah digunakan mempunyai masalah di bagian baterei yang cepat habis atau drop, karena itu coba nyalakan serta nantikan kurang lebih 1 jam untuk pastikan keadaan baterei masih konstan atau telah drop. 

3. Tidak hanya memeriksa keadaan fisik serta perform meesinnya, dalam beli laptop bekas Anda pun harus bertanya sekitar garansi. Laptop second yang masih bergaransi dapat jadi point lebih untuk pertimbangan Anda beli nya, semakin lebih baik bila laptop itu masih mempunyai garansi sah dari distributor resminya, tetapi bila tidak garansi yang diberi toko cukup sudah. Sebab bila toko memberi garansi pada laptop itu karena itu Anda dapat dikit tenang bila satu waktu berlangsung permasalahan pada laptop yang Anda beli itu. 

4. Beli laptop bekas yang berkualitas seterusnya adalah Anda harus bertanya juga tentang lama pemakaian serta bertanya permasalahan yang seringkali berlangsung pada laptop itu. Belilah laptop yang waktu pemakaiannya di bawah setahun sebab peluang rusaknya masih kecil serta kemungkinan masih bergaransi sah. Tanyakanlah lebih detail pada penjual tentang riwayat laptop, serta permasalahan yang sempat berlangsung sampai kini, hingga Anda tidak terkejut saat permasalahan itu ada kembali. 

5. Beli laptop second berkualitas yang selanjutnya yakni sebelum putuskan akan beli, lebih baik Anda cek harga market terlebih dulu agar Anda tidak tertipu pada harga tinggi tetapi kualitas standar. Kerjakan perbandingan dari toko satu ke toko lainnya hingga Anda memperoleh harga yang terbagus dengan perform, type laptop yang sama. 

6. Sebelum beli laptop bekas yakinkan kelengkapan yang disiapkan oleh penjual, seperti kardus, cd room, buku panduan pemakaian, cd drive, charger serta yang lain. Yakinkan juga charger masih juga dalam perform yang bagus. Coba minta penjual untuk memeriksa charger apa masih bagus atau hampir tidak berperan. Janganlah sungkan minta pertolongan serta bertanya semua hal yang Anda perlukan. 

7. Beli laptop yang berkualitas dapat juga Anda kerjakan dengan lihat serta cek segel yang melekat pada laptop, bila segel telah rusak, kemungkinan laptop itu sempat diservice serta Anda dapat menduga serta bertanya langsung kenapa laptop itu diservice, adakah rusaknya atau bagaimana? Tanyakanlah sejelas tuturnya. 

Bila diperlukan Anda dapat ajak rekan yang pandai serta pahami mengenai laptop, detail serta permasalahann yang biasa ada pada laptop,untuk temani Anda cari serta beli laptop second yang masih berkualitas hingga saat penjual menerangkan Anda dapat minta pendapat dari rekan Anda agar tidak tertipu dengan pengucapan penjual. 

Demikian beberapa tips beli laptop bekas berkualitas yang dapat kami beri untuk Anda. Mudah-mudahan dengan info ini bisa menolong Anda memastikan laptop yang akan Anda beli.