Keindahan Nusantara Ngarai Sianok di Bukittinggi

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lembah tersebut berbentuk memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang sampai ke ngarai Sianok Anam Suku, dan berakhir di Kecamatan Palupuh. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga menjadi salah satu objek wisata andalan provinsi.
Keindahan Nusantara Ngarai Sianok di Bukittinggi
Keindahan Nusantara Ngarai Sianok di Bukittinggi. (foto: pegipegi.com)
Kedalaman jurangnya sekitar 100m, membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200m. Ngarai Sianok merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau. 

Kawasan ini mempunyai sebutan lain yang bernama, Lembah Pendiam. Suasananya yang tenang dan damai, didukung dengan udaranya yang sejuk dan bersih, diiringi latar suara kicauan burung yang merdu dan gemericik air sungai. Tak heran jika Ngarai ini cocok sebagai tempat melepaskan beban pikiran dari rutinitas sehari-hari. Warga Bukittinggi banyak yang memanfaatkannya untu bersepeda gunung atau melalakukan trekking.

Post a Comment

Previous Post Next Post